Sunday, February 20, 2011

Komponen Elektronika Murah(electronic components)

Aneh tapi nyata ! mengapa radio bisa mengeluarkan suara penyiar dan musik?, mengapa TV dapat menampilkan gambar dan suara? semua peralatan tersebut biasa kita kenal adalah peralatan eletronik. Peralatan eletronik tersebut dapat bekerja karena didalamnya terdapat rangkaian komponen elektronik yang disusun sedemikian rupa agar menjadi rangkaian eletronik yang dapat menghasilkan suara atau gambar seperti mini amps, tv, amplifiers, radio dll. Mari kita mengenal komponen-komponen eletronik untuk menambah pengetahuan.


Resistors
Adalah komponen yang bentuknya sangat kecil memiliki dua kawat di ujung atas dan bawahnya, resistor ini memiliki identitas warna atau cincin warna yang tercetak pada badan resistor. Biasanya warna pada resistor berjumlah 4 atau 5 warna, biasa disebut juga resistor statis yaitu resistor yang memilki nilai tetap. Mengapa ada warna pada badan resistor? warna pada resistor menunjukkan nilai besarnya resistor. Fungsi resitor adalah untuk menghambat atau mengendalikan arus listrik. Harga resistor juga sangat murah sekali.
560K Ohm 1W Flameproof Resistor 10 Pcs.

Potensiometer
Adalah resistor yang memiliki 3 terminal, potensiometer ini berfungsi sebagai resistor variable untuk itu potensiometer biasa dipergunakan untuk volume, treble, bass pada rangkaian penguat atau penstabil tegangan pada rangkaian regulator. Potensiometer juga ada yang murah dan ada yang mahal tergantung dari modelnya.
1K Ohm Potentiometer

Kapasitor Elektrolit (capacitor elco)
Kapasitor ini memiliki  terminal positif (+) dan terminal (-) kapasitor ini berjenis polar. Berfungsi untuk menyimpan arus sementara. Karena kapasitor ini memiliki terminal (+) dan (-) dalam pemasangannya tidak boleh terbalik, jika terbalik kapasitor akan meledak bisa mengagetkan kita. Kapasitor ini biasa dipergunakan pada rangkaian adaptor (catu daya) kapasitor jenis elco ini juga memiliki nilai kapasitasnya. Harga Elco bisa dibilang murah bisa juga dibilang mahal tergantung dari jenis spesifikasinya dan merk, semakin besar volt dan uf semakin mahal harganya.
Rubycon 220uF 25V Thru-Hole Aluminum Electrolytic Capacitor General Purpose 20% (Bag of 10)

Kapasitor Keramik
Bentuk kapasitor keramik bermacam-macam, karena sifatnya stabil. Kapasitor keramik bagus digunakan pada frequensi tinggi. Karena kapasitor keramik tidak memiliki ketentuan + dan - maka pemasangannya boleh di bolak-balik dan tidak mengakibatkan kerusakan. Kapasitor ini berfungsi untuk meredam frequensi yang tidak kita inginkan.

Untuk mencari pusat jual murah komponen ada di daerah Glodok Jakarta.

No comments: