Spul gitar

Posted by Fariedh Budiman On Thursday, March 31, 2011 0 comments
Alat pengganti spul paling sederhana untuk gitar akustik, adalah Tranducer Pickup atau biasa juga disebut Piezo, bentuknya seperti uang logam dengan ketebalan kira-kira 0.2 mm, warna kuning tembaga mengkilap, pada bagian tengah berwarna putih. Fungsi piezo tergantung dari penggunaannya ada yang digunakan untuk sensor getar, bunyi alarm, ada juga sebagai speaker (tweeter) atau Mic. Karena piezo juga bisa digunakan sebagai mic dan dapat mendeteksi getaran, maka ada juga yang menggunakan piezo ini untuk pengganti spul gitar pada gitar akustik (acoustic). 

Biasanya piezo ini dipasang atau di lekatkan tepat pada bagian bridge gitar, bisa di bagian luar atau di bagian dalam gitar. Mengapa? karena getaran senar yang paling terasa besar adalah pada bagian bridge, ini sangat cocok untuk piezo agar dapat menangkap getaran suara murni dari gitar akustik. Dari getaran yang tertangkap oleh piezo akan dirubah menjadi arus listrik, kemudian akan diterima oleh amplifier untuk mengeluarkan bunyi dari speaker.

Karena jarang di gunakan piezo ini mulai sulit di temukan, banyak yang beralih ke speaker, mic, dan spul yang lebih mengandalkan medan magnet. Secara penggunaan tentu saja yang menggunakan system magnet lebih bagus, dikenal dengan nama spul gitar atau guitar pickup, yang saat ini banyak dipasang pada gitar listrik. Kelemahan dari piezo selalu ada suara feetback pada amplifier (mencuit), dan akan terdengar gaduh karena  fungsi piezo sama saja seperti mic. Tetapi piezo juga bisa menjadi alternatif bila harga spul gitar lebih mahal, harga piezo sudah pasti lebih murah dan terjangkau, pemasangan juga tidak terlalu sulit.

0 comments: